KRI Regional IV 2014

small_9logo kri 2014Pada babak final RI-NE tampil mempesona dengan mencapai Shabaash (poin tertinggi, red) dalam waktu 1 menit 51 detik yang pada saat itu berhadapan dengan ZHAFARUL Z14 – Universitas Muhammadiyah Malang. Catatan waktu tersebut merupakan waktu tercepat dengan mencapai Shabaash di KRAI Regional IV.

Untuk kategori KRPAI, tema tahun 2014 adalah “Robot Cerdas Pemadam Api”. Tema ini mengacu pada Trinity College-Hartford-Connecticut-USA. Untuk kategori KRPAI terdapat dua divisi, yakni: Divisi Robot Pemadam Api Beroda dan Divisi Robot Pemadam Api Berkaki. Perbedaan keduanya adalah alat gerak dari robot. Jika Robot Pemadam Api Beroda menggunakan roda sebagai alat geraknya, Sedangkan Robot Pemadam Api berkaki menggunakan kaki sebagai alat geraknya. Robot yang berhasil menemukan dan memadamkan api tercepat dinyatakan sebagai pemenang. Divisi Robot Pemadam Api Beroda terdiri dari 26 tim dan Divisi Robot Pemadam Api Berkaki terdiri dari 20 tim yang saling bersaing.

Kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSI) tahun ini mengambil  tema “Robot Penari Legong Keraton”. Robot diharuskan mengikuti irama musik yang ada dengan gerakan yang seirama dengan musik. Untuk kategori ini terdiri dari 16 tim dan masing-masing tim memiliki sepasang robot yang menari bersama-sama. Penampilan robot dari masing-masing tim sangat tampil menawan, setiap iringan lagu yang dimainkan mereka menari dengan tangan yang melambai-lambai. Tetapi sedikit terganggu ketika sorak sorai penonton menghalangi instrument lagu penari. Penampilan apik dari sepasang robot terkadang terganggu dengan posisi kaki mereka yang tidak tahan lama untuk berdiri. Sering jatuh, itulah kendala dari KRSI ini, begitu pula yang dialami oleh robot tuan rumah UM. Aerora dan Aerori tampak sering jatuh bangun pada saat penampilan.

Kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) 2014 mengambil  tema “Liga Sepak Bola Robot Humanoid”. Tema ini mengacu pada International RoboCup 2013 RoboSoccer Humanoid League. Untuk kategori ini terdiri dari 6 tim. Untuk KRSBI pada babak final berjalan seru karena tim ICHIRO dari ITS melawan tim EROS dari PENS. Pertandingan berjalan sangat sengit ditambah lagi meriah dan menggemanya Graha Cakrawala akibat ulah dari supporter PENS dan ITS yang ramai dari pagi sampai malam kegiatan KRI ini berlangsung. Pertandingan dimenangkan oleh tim EROS karena tim ICHIRO tidak bisa berbuat banyak setelah ditekuk dengan skor 3-0 pada partai final. Hasil tersebut sama dengan pencapaian tahun lalu yakni menjadi runner-up pada babak regional. Meski demikian, ICHIRO masih patut berbangga karena memperoleh penghargaan sebagai tim dengan strategi terbaik.

Panitia Pelaksana telah mengumumkan 30 pemenang dari 79 tim yang terdaftar dalam kontes tahunan ini. Akhirnya pengumuman pemenang KRI Regional IV 2014 dibacakan oleh Ketua Dewan Juri di akhir acara. Pemenangnya kebanyakan diisi oleh perguruan-perguruan tinggi yang sudah menjadi langganan setiap tahunnya, seperti ITS, PENS, atau UB. Meskipun demikian, diantara para pemenang juga ada nama baru seperti UNESA , UT Madura , Universitas Hang Tuah Surabaya  dan UMM.

 

slide_01 slide_02

Seluruh pemenang yang telah diumumkan berhak untuk selanjutnya diikutsertakan dalam Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional KRI-2014 yang berlangsung di kota Yogyakarta tepatnya di Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 18-22 Juni 2014 mendatang. Mereka akan bertanding dengan delegasi perguruan tinggi yang terjaring melalui kontes serupa dari ketiga regional lainnya. Pemenang kontes robot di tingkat nasional selanjutnya akan dikirim ke tingkat internasional, seperti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon 2014 yang berlangsung di Pune – India, 24 Agustus tahun 2014.

Alhamdulillah, Ketua Dewan Juri KRI Regional IV 2014 dan seluruh peserta senang atas terselenggaranya kegiatan yang di pimpin oleh Bapak Dr Hakkun Elmunsyah, M.T selaku Ketua Pelaksana. Mereka merasa acara ini telah berlangsung sukses terselenggara di UM selama tiga hari. Ucapan terimakasih tak henti-henti terngiang di akhir penutupan acara kepada seluruh panitia pelaksana yang selama kurang lebih 3 bulan telah menyiapkan kegiatan ini dan merelakan waktu dan tenaganya agar KRI Regional IV 2014 dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Semua terasa telah terbayarkan dengan kesuksesan acara pada 1-3 Mei 2014 kemarin. Meskipun tim robotic UM hanya menyabet satu penghargaan sebagai Desain Terbaik di kategori KRPAI beroda tetapi setidaknya UM bisa menjadi tuan rumah yang baik dan mensukseskan acara ini. Semoga tim robotik UM tetap semangat dan berusaha sekuat tenaga untuk tetap mengharumkan nama The Learning University ini di kancah Kontes Robot berikutnya.

DAFTAR PEMENANG KRI REGIONAL IV 2014

Kategori KRAI

Juara I  : RINE – Institut Teknologi Sepuluh November

Juara II : ZHAFARUL Z14 – Universitas Muhammadiyah Malang

Juara III: LYSANDER – Universitas Brawijaya

Harapan : EL-TRON – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Desain Terbaik : RINE – Institut Teknologi Sepuluh November

Strategi Terbaik : LYSANDER – Universitas Brawijaya

Kategori KRPAI Beroda

Juara I : J_LAND V.2 – Universitas Bhayangkara Surabaya

Juara II : Effiro – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Juara III : DEWO 2.2 – Universitas Negeri Surabaya

Harapan : AL-JAZARI – Institut Teknologi Sepuluh November

Desain Terbaik : Afuza – Universitas Brawijaya

Inovasi Terbaik : AL-FACHFACAH – Politeknik Negeri Malang

Kategori KRPAI Berkaki

Juara I : DOME – Universitas Muhammadiyah Malang

Juara II : MARLENA – Universitas Trunojoyo

Juara III : Eilero – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Harapan : UCS-1 – Institut Teknologi Sepuluh November

Desain Terbaik : HEXA-RI II – Universitas Negeri Malang

Inovasi Terbaik : DOME – Universitas Muhammadiyah Malang

Kategori KRSBI

Juara I : EROS – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Juara II : Ichiro – Institut Teknologi Sepuluh November

Juara III : Oceanoid – Universitas Hang Tuah Surabaya

Harapan : EnBIOS – Universitas Brawijaya

Desain Terbaik : EROS – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Startegi Terbaik : Ichiro – Institut Teknologi Sepuluh November

Kategori KRSI

Juara I : ZAFRAHZAHIRAH – Universitas Brawijaya

Juara II : DEWO 4.2 – Universitas Negeri Surabaya

Juara III : V-IU – Institut Teknologi Sepuluh November

Harapan : Erisa – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Artistik Terbaik : ZAFRAHZAHIRAH – Universitas Brawijaya